English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sabtu, 04 Juni 2011

Samarinda 3 Siswa SMP yang Tidak Lulus

ujian.jpgSAMARINDA,tribunkaltim.co.id - Perubahan mekanisme dan sistim pelaksanaan UN (Ujian Nasional) tahun ini berhasil mendongkrak tingkat kelulusan siswa SMP/MTs di Kota Samarinda. Bagaimana tidak angka kelulusan UN SMP tahun ini hampir mencapai 100 persen. Data yang diperoleh Tribunkaltim.co.id di Disdik Samarinda menunjukkan, bahwa dari total 10.882 peserta UN, jumlah peserta yang lulus mencapai 10.879, sedangkan yang tidak lulus hanya 3 orang.

Sekretaris Panitia UN SMP Disdik Samarinda Endang Sri Rumiati mengatakan, jika mengacu pada data angka kelulusan tersebut, mencerminkan bahwa tingkat kelulusan UN siswa SMP tahun ini meningkat signifikan dibanding tahun lalu.

"Tahun lalu angka kelulusan UN SMP hanya sekitar 98,67%, sementara tahun ini naik menjadi 99,97%, jadi siswa yang tidak lulus hanya 0,03% atau 3 orang peserta saja," ujar Endang kepada Tribunkaltim.co.id Kamis (2/6/2011).

Tingginya angka kelulusan siswa SMP tahun ini, kata Endang lebih disebabkan adanya perubahan mekanisme dalam pelaksanaan UN yang mana formula penilaiannya memadukan antara hasil UN dan UAS.

"Pada Unas tahun ini, nilai ujian sekolah memiliki bobot 60%, sedangkan nilai rapor 40% dari nilai sekolah. Nilai sekolah tersebut kemudian digabung dengan nilai ujian nasional dengan ketentuan bobot nilai sekolah 40% dan bobot nilai UN yaitu 60% dari nilai akhir,"ungkap Endang.

Jadi,kata Endang, siswa yang mendapat nilai 3 atau 4 pada UN tidak masalah asalkan nilai UAS nya lebih tinggi dan itu dinyatakan lulus, katanya.
Selain dipengaruhi mekanisme pelaksanaan UN, lanjut Endang, yang mendorong mayoritas siswa bisa lulus UN adalah karena ketukunan siswa itu sendiri dalam belajar dan mempersiapkan diri sebelum pelaksanaan UN.

Ketekunan siswa itu lahir dari adanya dorongan dan peran guru serta orangtua.
"Karena itu Disdik mengucapkan terimakasih kepada orangtua dan guru-guru di sekolah yang selalu memberi spirit bagi siswa, sehingga siswa dengan sadar rajin dan tekun untuk belajar,"tandasnya.

Sekedar diketahui, hasil UN SMP akan diumumkan serentak di seluruh Indonesia termasuk di Samarinda pada 4 Juni 2011. Pengumaman akan dilakukan di sekolah masing-masing.


Penulis : Hasbi
Editor : Reza Rasyid Umar
Sumber : Tribun Kaltim

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Thank you for visiting Tomz Cyber site